Krakatau

 

kra8

Krakatau

Sekilas tentang

Krakatau adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Nama ini pernah disematkan pada satu puncak gunung berapi di sana (Gunung Krakatau) yang sirna karena letusannya sendiri pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Letusan itu sangat dahsyat, awan panas dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Sampai sebelum tanggal 26 Desember 2004, tsunami ini adalah yang terdahsyat di kawasan Samudera Hindia. Suara letusan itu terdengar sampai di Alice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika, 4.653 kilometer. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II.

800px-Indonesia,_Sunda_Straits

krakatoa

Letusan Krakatau menyebabkan perubahan iklim global. Dunia sempat gelap selama dua setengah hari akibat debu vulkanis yang menutupi atmosfer. Matahari bersinar redup sampai setahun berikutnya. Hamburan debu tampak di langit Norwegia hingga New York.

Ledakan Krakatau ini sebenarnya masih kalah dibandingkan dengan letusan Gunung Toba dan Gunung Tambora di Indonesia, Gunung Tanpo di Selandia Baru dan Gunung Katmal di Alaska. Namun gunung-gunung tersebut meletus jauh pada masa ketika populasi manusia masih sangat sedikit. Sementara ketika Gunung Krakatau meletus, populasi manusia sudah cukup padat, sains dan teknologi telah berkembang, telegraf sudah ditemukan, dan kabel bawah laut sudah dipasang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa saat itu teknologi informasi sedang tumbuh dan berkembang pesat.

kra11

krakatau kini

Tercatat bahwa letusan Gunung Krakatau adalah bencana besar pertama di dunia setelah penemuan telegraf bawah laut. Kemajuan tersebut, sayangnya belum diimbangi dengan kemajuan di bidang geologi. Para ahli geologi saat itu bahkan belum mampu memberikan penjelasan mengenai letusan tersebut.

Wisata Krakatau

Dilihat dari dekat maupun dari kejauhan, alam Kepulauan Krakatau dan lautan di sekitarnya tetap menawan. Krakatau bisa disaksikan dari sisi selatan P. Sumatera atau sisi barat P. Jawa. Krakatau bisa juga dilihat dari P. Sebesi atau Sebuku yang jaraknya 8 mil dari Krakatau.

krakatau dari dekat

krakatau dari dekat

Yang lebih mengasyikan kalau kita bisa menyaksikan Krakatau dari dekat dengan masuk ke wilayah Kepulauan Krakatau, Namun berwisata di kawasan ini juga sangat mendebarkan dan menakutkan. Saat sedang berlayar atau berada di daratan Krakatau, tak jarang wisatawan dikejutkam oleh guncangan yang datangnya secara tiba-tiba. Itu tak lain berasal dari aktivitas Gunung Krakatau.

karakatau

karakatau

wisata krakatau

wisata krakatau

Ditambah lagi kalau sedang batuk-batuk, kawasan Gunung Krakatau kian menakutkan. Kalau lontaran lava panas itu sampai mengena pada manusia tentu sangat berbahaya dan bisa menyebabkan maut. Namun kekaguman terhadap keindahan alam Krakatau berikut lava pijarnya yang bak kembang api seringkali dapat mengalahkan rasa takut di kalangan wisatawan.

*-*

*-*

Di bibir pantai Kepulauan Krakatau kita dapat merasakan deburan ombak Selat Sunda berwarna biru bersih yang masih sangat perawan.Dengan menggunakan kapal nelayan, kita bisa berlayar sampai ke pulau Rakata (Krakatau). Pantai ini dipenuhi tebing curang, yang tak mudah dilalui. Pantai landai hanya ditemui di tempat persinggahan kapal. Di pantai ini kita bisa berenang, snorkeling, diving, dan memancing.

kra4

wisata krakatau

kita akan dapat melihat habitat Dolphine, Penyu Hijau, Blue Merlin (ikan langka di Dunia), ada ikan langka lainnya seperti kuda laut, ikan Napoleon, Penyu Sisik.

snorkling di kawasan krakatau

snorkling di kawasan krakatau

Selain diving, aktivitas yang banyak dilakukan di kawasan Kepulauan Krakatau adalah camping dan pendakian Gunung Anak Krakatau. Selain berbahaya karena Krakatau sering batuk-batuk, medan pendakiannya juga sangat berat karena tanahnya selalu dipenuhi pasir, batu-batuan dan pohon tumbang.

sunset krakatau

sunset krakatau

Tidak setiap saat kita bisa datang ke Krakatau. Ketika angin barat datang sekitar bulan Nopember hingga Januari, maka nelayan tak berani mengantarkan wisatawan. Mereka nggak mau ambil risiko.

sunset krakatau

sunset krakatau

Perkiraan Waktu Tempuh
Perkiraan waktu tempuh Jakarta – Pelabuhan Merak sekitar 2 – 3 jam dengan bus, Pelabuhan Merak – Pelabuhan Bakauheni sekitar 2 – 3 Jam, Pelabuhan Bakauheni – Dermaga Canti sekitar 1 – 1,5 jam dengan angkot carteran, Pelabuhan Canti – Pulau Sebesi sekitar 1,5 – 2 jam dengan kapal kayu, Pulau Sebesi – Kawasan Cagar Alam Krakatau sekitar 1,5 – 2 jam dengan kapal kayu, Carita Banten – Kawasan Cagar Alam Krakatau sekitar 2,5 – 3 jam dengan kapal kayu atau sekitar 1 – 1,5 jam dengan Speed Boat.

sumber: wisataraya
wikipedia
facebook teman

Iklan

3 responses to “Krakatau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s